Halo para  pembaca semua,semoga selalu sehat dan sukses,  Artikel ini akan menjelaskan apa saja peralatan yang digunakan dalam pengeboran air artesis. Dalam penulisan artikel ini, penulis fokus pada jenis alat yang digunakan dalam pengeboran menggunakan mesin bor hidrolis skid mounted. Ingat penulis hanya membatasi artikel ini di dunia pengeboran air artesis, bukan pengeboran minyak/offshore, soil test dan borepile. Kami akan menggunakan bahasa semudah mungkin agar dapat dipahami, karna tujuan kami adalah berbagi informasi, bukan mengajari. Langsung saja, berikut adalah jenis-jenis peralatan yang umum digunakan dalam pengeboran air artesis :

1.    Mesin Bor/Boring machine/Drilling machine

Alat ini adalah alat utama dalam pengeboran air, Mesin bor memegang aktifitas vital dalam pengeboran. Tanpa mesin bor, lubang pengeboran tak akan pernah terbentuk. Dalam sistem kerjanya, alat ini mempunyai power untuk putaran/rotasi dan tekanan, power rotasi/putaran digunakan agar matabor/bit memutar untuk mengikis tanah yang dibor sedangkan power tekanan digunakan untuk menembus tanah dan sebagai tenaga penetrasi. Pada umumnya mesin bor mempunyai 4 gigi pada transmisinya (3 Forward, 1 reverse) sebagai pengontrol dalam kecepatan rotasi. Fungsi utama pergantian gigi diibaratkan sama seperti kita naik motor, semakin besar maka semakin cepat pula putarannya. 3 Forward,1 reverse maksud disini adalah mesin bor mempunyai kemampuan 3 gigi pada perputaran maju atau kekanan digunakan untuk penetrasi matabor ke tanah. Sedangkan 1 reverse adalah mesin bor mempunyai kemampuan 1 gigi untuk perputaran kebelakang atau kekiri digunakan untuk melepas drill pipe/stangbor dari satu ke yang lain. Power Tekanan digunakan dalam kegiatan penetrasi agar  matabor/bit dapat menembus ketanah, power ini didapat dari pergerakan hidrolis. Detail komponen-komponen dari mesin bor akan dijelaskan dalam artikel mendatang. Dalam peredaran pemasaran mesin bor terbagi dari berbagai brand, diantaranya adalah brand keluaran eropa,jepang dan china. Dari segi Negara pembuat, Brand Jepang adalah satu-satunya produk yang paling mendunia, terkenal dengan kualitas baja, gigi dan kemampuan pengeboran yang luar biasa didukung dengan beratnya yang ringan yang memudahkan dalam transportasi. Seperti halnya dengan alat berat Jepang mempunyai merk-merk terkenal sebut saja komatsu,hitachi,kobelco,dll. Dalam hal brand, Mesin bor keluaran jepang yang paling terkenal adalah Toho,Koken,Tone, Longyear/NLC, dan YBM. Kesemua merk mempunyai mesin bor dengan kapasitas mulai 50 meter hingga 3000 meter tergantung dengan aplikasi pekerjaan pengeboran.    

2.    Drill pipe

Drill pipe merupakan pasangan mesin bor yang tidak dapat dipisahkan, drill pipe mempunyai panjang diantaranya 1,5 mtr, 3 mtr,6 mtr,dan 9 mtr. Drill pipe ini sebagai jenis peralatan yang paling banyak/panjang karna fungsi utama untuk mencapai kedalaman yang dinginkan. Fungsi utama drill pipe adalah untuk menambah kedalaman pengeboran, singkatnya semakin panjang drill pipe yang dimasukkan semakin dalam pula lubang pengeboran. Dalam prakteknyaknya drill pipe dimasukan perbatang demi perbatang.

 

3.    Matabor/drill bit        

Matabor adalah alat utama dalam menggilas tanah yang akan dibor. Dalam prakteknya, mesin bor akan memutar spindlenya sehingga drill pipe akan mengikuti arah putaran, secara otomatis matabor akan ikut berputar seirama arah putaran. Dengan putaran matabor, maka tanah akan sedikit demi sedikit akan tergerus.

4.    Travelling Block

Alat ini berada di posisi yang paling atas dalam rig pengeboran, fungsi utama alat ini sebagai pengangkat beban yang berat seperti drill pipe,matabor,dll. Alat ini bukan komponen utama dalam pengeboran, tetapi tanpa alat inipun pengeboran takkan terlaksana. Dalam prakteknya travelling blok mempunyai hook dibagian bawah sebagai pengangkat  dan diatasnya terdepat tempat untuk seling disambungkan dengan wire drilling atau disebut seling dan disambungkan ke hoist mesin bor, dengan adanya  hoist mesin bor, travelling block akan bergerak keatas atau kebawah mengikuti arah hoist.

5.    Water swivel

Alat ini berada tepat dibawah travelling block, alat ini digunakan sebagai penyalur air dan chemical pengeboran kedalam lubang pengeboran. Water swivel mempunyai lubang yang akan disambungkan dengan selang sebagai jalannya drilling fluid

6.    Mud pump & Selang tekan, Selang hisap

Alat ini disebut juga pompa lumpur, sebetulnya mud pump bisa digantikan dengan pompa air tetapi dengan penggunaan pompa air keawetannya tidak akan bertahan lama karna sejatinya pompa air hanya menghantarkan air, Sedangkan dalam drilling fluid terdapat campuran air,lumpur dan bentonit. Mud pump berperan penting dalam pengeboran, karna sejatinya mud pump menyalurkan drilling fluid kedalam pengeboran untuk mengangkat kotoran dari hasil drilling/pecahan batu,dll. Yang kedua, campuran drilling fluid yang dimasukkan dalam lubang pengeboran menjaga agar dinding pengeboran tidak runtuh, agar campuran drilling fluid dapat mengangkat kotoran pengeboran dari bawah keatas dibutuhkan pressure yang tinggi maka dari situlah mud pump bekerja. Setiap mud pump mempunyai spesifikasi yang berbeda dalam kemampuan mengalirkan drilling fluid dengan satuan liter/detik. Perbedaan mencolok dengan pompa air adalah, mud pump menggunakan 2 piston (Double acting piston) dimana piston bekerja untuk menghisap lumpur dan mendorong lumpur, Ada juga yang menggunakan 3 piston (triplex).

7.    Menara bor

Peralatan yang satu ini tergolong peralatan utama, menara sebagai satuan yang tak terpisahkan dari pengeboran. Menara bor berfungsi sebagai sarana agar travelling block dapat dipasang dan bekerja. Selain itu menara bor diibaratkan atap dalam rangkaian, agar travelling block dapat mengangkat drill pipe, travelling block membutuhkan tempat/atap dimana atap tersebut adalah menara. Agar menara bor dapat bekerja maksimal harus disesuaikan dengan panjang drill pipe, Kelly (belum dibahas) tinggi mesin bor dan platform. Pada umumnya pengeboran tinggi menara adalah 12 meter.

8.    Hoisting plug   

 Alat ini digunakan sebagai sarana untuk menarik dan menurukan drill pipe.

9.     Kelly

Alat ini digunakan sebagai sambungan dalam penyambungan ke drill pipe.

10.  Kunci Slip

Tool ini digunakaan untuk menahan drill pipe diatas lubang pengeboran

11.  Drill collar

Peralatan ini bisa disebut pemberat, biasanya diperlukan apabila lapisan memang keras, aplikasi perlatan ini disambungkan ke antara drill pipe dan matabor.dengan asesoris ini diharapkan menambah daya tekan sehingga batu cepat hancur, tetapi dengan beratnya drill collar harus diperhitungkan juga kapasitas mesin bor.

12.  Casing & screen

Peralatan ini tergolong peralatan yang ditanam setelah proses pengeboran. Fungsi utama casing & screen adalah untuk penyaring air yang masuk. Perbedaan keduanya casing tidak mempunyai lubang sehingga casing hanya berfungsi sebagai penahan agar lubar tidak runtuh, fungsi kedua agar air tidak masuk. Lain halnya screen, dipasang dilapisan akuifer (berdasarkan tes logging), didesain berlubang-lubang kecil agar air dapat masuk.

13.  Peralatan lain

Peralatan ini termasuk kunci-kunci yang diperlukan dalam proses pengeboran, seperti kuncu   

 

Pada artikel mendatang, kami akan membahas detail cara pengeboran (VIDEO) & pengenalan asesoris pengeboran (beserta foto).

 

******************************************************

PT. Bina Tirta Jaya Group

Used Japan Drilling machine & Heavy equipment Importer

Address : Siliwangi No.638, Semarang, Central Java, Indonesia

Website : www.rajamesinborair.com

Mail : yusronthowaf@ymail.com

Tel : +62 024 7624993

Phone : +6281328498889    

 





img-1495788371.jpg






img-1495788385.jpg